Wednesday, April 29, 2009

Mengatasi laptop yang kena air

Berhati hatilah jika meletakkan minuman di dekat laptop/notebook atau netbook anda. Jangan melakukan hal itu. karena ceroboh sedikit saja, air bisa tumpah membasahi keyboard laptop anda. Umumnya kejadiannya begini:minuman tersenggol lalu tumpah di keyboard laptop. Duwh pasti panik.. Lantas apa yang harus dilakukan ketika hal itu terjadi?

  • Jika laptop anda ketumpahan minuman, pertama2 segera matikan laptop anda. Jika laptop masih menyala, Tahan tombol power hingga laptop anda mati. cabut aliran listrik dari stop kontak dan adaptor. Kemudian cabut juga baterai dari laptop. Lakukan hal-hal tadi dengan cepat!. Copot pula peralatan2 lain yang terhubung dengan laptop, yaitu mouse, hardisk eksternal, dll. Alasannya air dapat menyebabkan hubung-singkat (short circuit), dan hal itu bisa terjadi bila masih terdapat sumber listrik.
  • Kemudian balik laptop anda dengan keyboard menghadap ke bawah untuk mencegah air tidak semakin masuk ke komponen-komponen vital. Sambil tetap dibalik, laplah laptop anda dengan lap yang kering dan bersifat menyerap air. biarkan dalam posisi seperti itu dalam waktu yang lama. 15 menit, 30 menit atau 1 jam tidaklah cukup. walaupun anda udah mengira laptop anda udah kering, biarkan lebih lama.. kira2 1 hari. Hingga dipastikan laptop anda udah benar2 kering sekering-keringnya.

Jika laptop anda kena air murni ato air putih, maka hal itu masih mendingan.. karna air tersebut akan benar2 mengering, Beda halnya jika laptop anda ketumpahan kopi, soda, teh, jus atau eskrim, dll situasi akan lebih gawat.. karena jika mengering akan membekas dan lengket, dan kita ga tau apa pengaruhnya terhadap board laptop. Maka yang harus dilakukan adalah membersihkan sisa2 nya sebisa mungkin..

Jika laptop anda masih garansi, segera bawa ke tempat servis.. mudah2an hal seperti ini ditanggung (biasanya enggak, karena tak ada ada garansi tentang air)..bisa jadi anda harus mengeluarkan ongkos servis..tapi gpp daripada laptop anda rusak.. 

Serahkan masalah ini pada professional, atau yang paham hardware. Jika anda berani ato udah ada pengalaman dengan hardware, serta laptop anda sudah diluar garansi (membongkar laptop merusak segel garansi), maka lepaslah keyboard anda untuk membersihkan sisa2 minuman tersebut. Jika anda melakukan hal ini, jangan lupa untuk meng ground diri anda dengan menyentuh besi yang terhubung ke ground sebelum membongkar laptop anda. Setelah berhasil membongkar keyboard, maka lap lah sampe kering dan bersih.

Kita tentu berharap air yang masuk tidak sempat menyebabkan kerusakan atau hubung singkat. Ketika anda sudah yakin tidak ada lagi air di dalam laptop, maka anda bisa mencoba menyalakannya, dan berharap semua kembali lancar. Kerusakan yang parah menyebabkan beberapa fungsi laptop tidak bekerja dengan semestinya, bahkan tidak bisa booting. Jika ini terjadi, tidak ada jalan lain selain memperbaikinya di tempat servis.

Untuk backup data, kita bisa melepas harddisk, dan memindahkan data ke komputer lain dengan menggunakan kabel IDE to USB, atau casing harddisk 2.5 inch to USB yang banyak dijumpai di pasaran.

Karena akibatnya bisa fatal untuk laptop kita, Tentu Kita tentu tidak ingin laptop ketumpahan air, untuk itu berikut ini tips untuk mencegahnya

  • Selalu jauhkan minuman atau air dari laptop anda.
  • Tutup laptop jika sedang tidak digunakan
  • Beli pelindung keyboard laptop. Pelindung jenis ini akan melindungi keyboard laptop anda dari debu dan percikan air.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment